Kehidupan Sekolah

July 29, 2010 by   - dibaca 1,929 kali
Leave a Comment

A. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH:

1. Letak

SMP Negeri 1 Lembah Gumanti sebelumnya bernama SMP N Alahan Panjang Cikal bakalnya SGB ( 1954 )  Dengan adanya SK Kanwil Pendidikan Sumbar No. 187 SK/ BTG/ tanggal 25 Mei 1960. Sekolah ini berubah struktur menjadi SMP Negeri Alahan Panjang, terletak di jalan Gajah mada  No. 8 Alahan Panjang semakin lama semakin berkembang kemudian tahun 2003/2004 sekolah ini di pindahkan ke jalan Imam Bonjol Alahan Panjang dengan luas lokasi 75680 m2. Tanah ini diserahkan oleh ninik mamak Nagari Alahan Panjang tahun 2003 dengan ruang belajar  17 lokal dengan prasarana yang memadai.

Sekolah ini terletak pada ketinggian 1458 m dari permukaan laut, bagian selatan dari kabupaten Solok 35 km dari pusat kabupaten Solok – Aro Suka. Disekitar sekolah ini adalah areal pertanian sayur-sayuran ( Agribisnis ). Maka pencarian pokok masyarakat adalah pertanian terutama tanaman sayur.

2. Ekonomi masyarakat lingkungan sekolah

Ekonomi masyarakat lingkungan sekolah sangat di pengaruhi oleh mata pencarian masyarakat yakni bertani sayur dan berdagang sehingga keadaan ekonomi masyarakat beragam tetapi tidak ada yang terlalu kaya kebanyakan berada dalam tataran sedang

Kehidupan politik pada masa yang akan datang akan diwarnai dengan praktek politik demokratis dengan partisipasi yang tinggi dari segenap komponen masyarakat. Disamping itu ada harapan etika yang tinggi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Keamanan merupakan persyaratan yang dipenuhi agar semua aktifitas masyarakat dapat berjalan dengan baik sehingga apa yang diharapkan akan dapat tercapai. Perkembanga IPTEK yang sangat pesat mendorong perubahan bidang-bidang lain, seiring dengan perkembangan IPTEK itu akan mempengaruhi bidang budaya yang akan mengancam budaya bangsa.

Kondisi sosial ekonomi.politik,keamanan dan kemajuan IPTEK tentu juga akan mempengaruhi satuan pendidikan seperti halnya SMP Negeri 1 Lembah gumanti Kab.Solok , apalagi SMP ini terletak di daerah Wisata dan daerah pusat agrobisnis Sumatera Barat, serta melaksanakan sosial budaya minang kabau yang berlandaskan ” Adat basandi sarak , sarak basandi kitabullah ”

B. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI

Permasalahan mendasar pendidikan yang dihadapi bangsa kita adalah masalah mutu dan pemerataan secara umum masih relatif rendah, baik input, proses Output, Outcame ditandai dengan standar nilai minimal kelulusan masih rendah 4,26 rata-rata 5,50 lulusan belum siap memasuki dunia kerja ( SMA-SMK ).

Masalah pemerataan pendidikan belum tuntas,wajib belajar 9 tahun dan tingginya angka putus sekolah, terbatasnya infra struktur di daerah tertentu menyebabkan terbatasnya akses pendidikan bagi anak usia sekolah.

Penyelenggaraan pendidikan yang belum efesien menuntut insan pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan yang efesien, efektif dan relevan dengan tuntutan zaman dan dunia kerja, dan melaksanakan menejemen yang mantap yakni menejemen berbasis sekolah.

C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG

Pendidikan yang ideal tentu sesuai dengan tuntutan era ini untuk itu UU No. 20 Tahun 2005 tentang sistim pendidikan Nasional telah ditetapkan dan di jabarkan dengan PP N 19 tahun 2005 tentang Standar pendidikan Nasional yang berisi 8 standar pendidikan :

  1. Standar Isi
  2. Standar proses
  3. Standar komptensi kelulusan
  4. Standar pendidik dan kependidikan
  5. Standar sarana dan prasarana
  6. Standar pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian

Dengan demikian tentu SMP Negeri 1 Lembah Gumanti harus melaksanakan pengembangan 8 standar tersebut, apalagi akan menjadi Standar Nasional ( SSN )

D. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

Akselerasi perkembangan pada bidang ilmu pengetahuan, teknologi, serta informasi yang begitu pesat dewasa ini, mengharuskan pengelola pendidikan di negeri ini menyusun strategi yang dapat menghasilkan output pendidikan yang dapat mengikuti kemajuan di atas. Strategi pengelolaan pendidikan tidak dapat dilepaskan dari berbagai faktor. Di antaranya adalah faktor sosial budaya, sosial ekonomi, dan keadaan geografis di negara ini yang sangat beraneka ragam. Keanekaragaman kondisi di negeri ini sebenarnya suatu potensi yang dapat memperkaya bangsa ini untuk dapat lebih mudah maju menyesuaikan dengan perkembangan zaman tanpa harus mengorbankan karakter bangsa yang positif dari bangsa kita ini.

Faktor-faktor tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada dunia pendidikan kita. Oleh karena itu, perlu strategi yang sesuai/khusus bagi pengelola pendidikan sesuai tingkatannya, sesuai dengan kondisi, potensi sekolah masing-masing untuk dapat memajukan sekolah, baik terkait dengan para siswa, stake holder, maupun peran sekolah secara umum terhadap masyarakat. Keadaan yang diharapkan tampak pada diri anak didik sebagai pembelajar adalah unggul, bermutu tinggi, dalam berbagai aspek yang meliputi kecerdasan intelektual, emosional, psikhomotor, serta spiritual yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Letak geografis sekolah juga merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi transfer budaya sekolah yang juga dapat menentukan kemajuan sekolah. Demikian pula letak geografis SMP Negeri 1 Lembah Gumanti yang berada di Kabupaten Solok, di tepi jalan raya yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok Selatan. Sekolah ini terletak di daerah ketinggian 1458 m dari permukaan laut dan bagian selatan dari Kabupaten Solok. Disekitar  Sekolah ini adalah areal pertanian sayur-sayuran, mata pencaharian utama masyarakat adalah bertani. Namun demikian animo masyarakat untuk menyekolahkan anak di SMP Negeri 1 Lembah Gumanti cukup tinggi terbukti dengan meningkatnya setiap tahun angka penerimaan Siswa Baru. Perkembangan ekonomi merubah pola pikir masyarakat terhadap pendidikan dan budaya yang berkembang.

Hasil budaya sekolah yang terbentuk tentunya sangat dipengaruhi pula oleh letak geografis ini. Perkembangan sekolah sebagai pusat perkembangan ekonomi, dan iptek dapat didukung oleh letak geografis ini. Oleh karena itu, antusias para siswa terhadap kemajuan budaya dan iptek juga tinggi. Hal ini tampak pada tingginya minat para siswa untuk belajar bahasa Inggris, komputer, internet, penggunaan ICT, dll. Sekolah sebagai sarana/wahana perkembangan ekonomi yang memungkinkan koperasi sekolah dapat berkembang dengan kongkrit serta maju untuk sekolah maupun masyarakat dapat diperoleh di SMP Negeri  1 Lembah Gumanti ini.

Dalam hal keamanan, pihak sekolah tidak meragukan lagi, karena masyarakat sekitar dengan penuh kesadaran ikut mengawasi dan menjaga keamanan sekolah.

Dukungan pemerintah daerah  dalam hal ini Kabupaten Solok terhadap dunia pendidikan sangat tinggi. Mereka sangat mempedulikan kesejahteraan, prestasi guru, karyawan dan siswa dalam berbagai bentuk seperti uang kesejahteraan, bea siswa, bantuan buku dll. Kondisi positif eksternal sekolah yang demikian telah mampu menjadikan SMP Negeri 1Lembah Gumanti cukup berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.

E. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Para pengelola pendidikan di Indonesia saat ini tetap harus berjuang dengan gigih. Perjuangan ini berorientasi pada kemampuan mendudukkan bangsa ini sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia, mampu menyerap, menerapkan perkembangan iptek yang berkembang secara global. Namun demikian, perkembangan iptek yang diharapkan di negeri ini adalah yang tetap memberikan perkembangan seni budaya Indonesia yang positif yang dan berkembang secara proporsional dan profesional untuk dapat berkembang dengan baik. Begitu pula pendidikan agama tetap diharapkan mendasari berbagai ilmu lainnya yang ada di negeri ini. Dengan demikian, budi pekerti atau akhlak mulia senantiasa melekat pada semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Pendidikan di Indonesia yang memiliki akar budaya daerah dan nasional, yang berbeda dengan pendidikan di negara-negara barat tidak perlu gentar, minder, atau merasa rendah di hadapan bangsa-bangsa lain. Sebab titik tolak keberhasilan pendidikan kita di Indonesia memang berbeda. Begitu pula keberhasilan di negeri-negeri lain sangat mungkin akan berbeda dengan negeri-negeri lain di dunia. Dengan demikian, masing-masing negara tentunya memiliki keunggulan masing-masing yang dapat diperjuangkan. Demikian pula di SMP Negeri 1 Lembah Gumanti sangat mungkin dapat dikembangkan kemampuan keunggulannya, selain itu tetap memperhatikan pendidikan secara umum di negeri ini.

Tenaga kependidikan sangat berpengaruh terhadap tercapainya prestasi sekolah yang tinggi. Mereka senantiasa mampu melaksanakan tugas dengan baik dan bertanggung jawab sesuai peran masing-masing. Jumlah pendidik di SMP Negeri 1 Lembah Gumanti ada 32 orang dengan uraian 22 guru berijazah S1 dan 1 orang guru S2 serta 9 orang berijazah D3. tenaga guru honor 12 orang Jumlah tenaga TU, PNS 2 orang honor TU 3 Orang, pustakawan honorer 2 orang,  laboran IPA (didukung oleh tenaga guru yang diberikan tugas tambahan). Pendidikan umum, seni budaya, agama dan olahraga dikembangkan di SMP Negeri I Lembah Gumanti. Hal ini mendapat dukungan penuh dari komite  sekolah yang telah dengan sungguh-sungguh mampu menjembatani dan mencarikan jalan keluar terhadap segala permasalahan yang dihadapi sekolah. Keadaan ini tidak terlepas dari keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola dan memimpin sekolah yang menerapkan pendekatan kekeluargaan, transparansi dan berusaha mengutamakan kesejahteraan untuk kepentingan siswa, guru dan karyawan sehingga semua potensi sekolah dapat dimunculkan secara maksimal.

Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan tetap menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Fasilitas yang dimiliki antara lain : 17 ruang kelas, 2 laboratorium IPA,  1 ruang Multi Media, 1 ruang BK, 1 ruang perpustakaan, 1 mushola, 1 ruang guru, 1 ruang TU, 1 ruang kepala sekolah, 1 kantin, 1 ruang UKS, 1 ruang koperasi, 1 ruang OSIS, 2 kamar kecil guru, 1 kamar kecil Kepala Sekolah, 8 kamar kecil siswa.

Pendanaan kegiatan sekolah dibiayai dari anggaran rutin (BOP), BOS, SSN, Komite.  Kondisi seperti ini dapat menguatkan sumber pembiayaan operasional sekolah

F. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG

Berdasarkan kondisi sekolah saat ini, SMP N 1 Lembah Gumanti memiliki target dalam empat tahun ke depan yaitu memenuhi sistem penyelenggaraan pendidikan yang memenuhi kriteria 8 SNP, yang meliputi kompetensi kelulusan, standar isi,standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar proses, sarana prasarana, fasilitas pembelajaran, standar pengelolaan, standar keuangan dan pembiayaan, standar penilaian pendidikan, pengembangan budaya sekolah yang berkualitas tinggi.

Sekolah mampu menyediakan silabus mata pelajaran yang memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa, proses belajar mengajar yang kondusif, joyfull, menggairahkan para siswa untuk belajar, yang mampu mempertahankan kelulusan yang bermutu dan kompetitif, dengan standar rata-rata kelulusan 7.26 untuk semua mata pelajaran. Kondisi seperti ini diharapkan mampu mengantarkan kondisi sekolah pada tingkat kabupaten / Propinsi Nasional.

Kondisi stakeholder berupaya memiliki fasilitas pendukung kegiatan belajar siswa yang lengkap, standar, modern, dan canggih sesuai dengan kebutuhan siswa dan masyarakat dalam hubungan di dalam maupun luar negeri pada masa yang akan datang.

Sekolah memiliki sistem pengelolaan yang transparan, Akuntabel dan demokratis terdata, rinci, akurat yang mengutamakan kepentingan siswa,masyarakat, guru, dan karyawan. Sekolah memiliki sumber pembiayaan yang kuat dengan mengoptimalkan peran stakeholder sekolah mendapatkannya. Sekolah memiliki sistem penilaian baku terhadap prestasi siswa, guru, karyawan dengan berbagai model penilaian.

Hal-hal yang disebutkan di atas diharapkan dapat mengantarkan anak dapat meraih kecerdasan spiritual, emosional, sosial, dan intelektual yang menuju insan kamil yang diharapkan dalam dunia pendidikan

Komentar Anda?

  1. -

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama mengisi komentar berita ini. Tinggalkan komentar anda dibawah ini.

Komentar Anda?